Kamis, 29 Desember 2016

Apa Hubungan Psikologi dengan Filsafat Manusia?


Filsafat adalah hasil pemikiran manusia yang mencari sesuatu kebenaran dengan sedalam-dalamnya. Dalam penyelidikannya, filsafat memang bertentangan dengan yang dialami manusia, karena tak ada pengetahuan jika tidak bersentuhan lebih dahulu dengan panca indera, sedangkan ilmu yang hendak mempelajari hasil penginderaaan itu tidak mungkin mengambil keputusan dengan menjalankan pikiran, tanpa menggunakan dalil dan hukum pikiran yang tidak mungkin dialaminya. Bahkan pikiran manusia itu ada serta mampu mencapai bagaimana budi manusia dapat mencapai kebenaran itu.
 Sebaliknya, filsafat juga membutuhkan data dari ilmu. Jika, ahli filsafat manusia akan menyelidiki manusia serta hendak menentukan apakah manusia itu, ia memang harus mengetahui gejala tindakan manusia terlebih dahulu.
Dalam dengan hasil penyelidikannya. Kesimpulan filsafat tentang kemanusiaan akan sangat tidak imbang dan mungkin jauh dari kebenaran jika tidak menghiraukan hasil dari psikologi (Poedjawijatna, 1991). Dalam berbagai ilmiah penelitian disebutkan, sebelum menjadi ilmu yang berdiri sendiri, psikologi memiliki pondasi yang kuat dalam ilmu kedokteran dan filsafati yang sampai sekarang masih terlihat pengaruhnya. Di dalam ilmu kedokteran, psikologi menjelaskan segala sesuatu yang terfikir dan terasa oleh organ-organ jasmani. sedangkan dalam filsafat adalah sebagai pemecah masalah-masalah rumit yang berkaitan dengan akal, kehendak, dan pengetahuan.
 Bruno, seperti dikutip Syah (1995:8), membagi pengertian psikologi dalam tiga bagian yang pada dasarnya saling berhubungan. Pertama, psikologi merupakan ilmu pengetahuan tentang “roh'. Kedua, psikologi adalah ilmu pengetahuan tentang “kehidupan mental', Ketiga psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “tingkah laku”.
 Plato (427-347 SM) dan Aristoteles (384-322 SM) beranggapan bahwa kesadaran manusia berhubungan dengan rohnya. Oleh karena itu, studi mengenai kesadaran dan proses mental manusia merupakan bagian dari studi tentang roh.

 Daftar Pustaka Sobur, Alex. (2003). Psikologi Umum Dalam Lintasan Sejarah. Bandung: CV Pustaka Setia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar