Di kawasan Anyer kita dapat menyaksikan
menara tua yang disebut Mercusuar Anyer. Menara yang di bangun pada masa
pemerintahan Z.M. Willem III setinggi 75,5 meter ini terdiri dari 18
tingkat, dibangun pada masa penjajahan Belanda. Dilihat dari prasasti yang
tertempel di kaki mercusuar, bangunan yang terbuat dari baja setebal 2,5cm itu
sudah berusia lebih dari 170 tahun, tepatnya dibangun pada tahun 1885. Sampai
kini masih berfungsi memandu kapal-kapal yang lalu-lalang di malam hari.Menara
ini diyakini sebagai titik nol jalan Anyer (Banten)-Panarukan (Jawa Timur) yang
dibangun Gubernur Jenderal Daendles. Dari sinilah awal mula Daendels, Gubernur
Jenderal Hindia Belanda waktu itu, memulai proyek raksasanya pada 1825.
Daendels membuat jalan ekonomi
Anyer-Panarukan sepanjang sekitar 1.000 km. Proyek yang menelan korban ribuan
jiwa rakyat Indonesia itu menghubungkan Cilegon, Serang, Tangerang, Jakarta
(dulunya bernama Sunda Kelapa, kemudian Batavia), Cirebon, Semarang, Surabaya
sampai ke Pasuruan. Penduduk sepanjang proyek perjalanan tadi bekerja tanpa
dibayar atau kerja rodi. Setelah selesai, jalan yang dibangun dari keringat dan
mayat bangsa Indonesia kemudian terkenal sebagai jalan Deandels atau jalan
rodi. Sayangnya tak ada monument atau prasati untuk mengenang sejarah yang
penuh darah itu.
Konon, karena Gunung Krakatau meletus, mercusuar itu hancur lebur. Puing-puing dan pondasinya masih bisa Anda lihat beberapa meter dari mercusuar.
Konon, karena Gunung Krakatau meletus, mercusuar itu hancur lebur. Puing-puing dan pondasinya masih bisa Anda lihat beberapa meter dari mercusuar.
Jadi mercusuar yang ada sekarang
merupakan bangunan baru. Bangunan itu pun nyaris rata dengan tanah akibat
hantaman meriam angkatan laut Jepang sekitar tahun 1942. Meski tak sampai
runtuh, namun mercusuar itu sempat rusak berat. Bekas hantaman meriam itu bisa
dilihat apabila Anda naik mercusuar itu, yakni berupa lubang besar yang kini
sudah ditambal. Kini, mercusuar Anyer seakan tenggelam di tengah-tengah
maraknya sarana wisata modern, terutama setelah tumbuhnya resor-resor di tepi
pantai. Padahal, mercusuar ini menjadi saksi bisu kekejaman penjajahan
Belanda.
v
Terjemahan
dengan mengunakan Bahasa Daerah (Bahasa Sunda)
Sajarah Mersucuar Anyer Di kawasan Anyer
urang tiasa nyaksikeun menara nu ti baheula ayana anu disebut Mercusuar Anyer.
Menara anu dibangun di pamarentahan Z.M Willem III anu luhurna 75,5 meter iyeu
aya 18 tingkat, dibangun di panjajahan Balanda. Di tingali ti prasasti anu nempel
di suku mercusuar, bangunan anu dijieun ti baja satebal 2,5 cm iyeu berusia
leuwih 170 tahun, tepatna dibangun di taun 1885 sampe ayeuna masih berfungsi
jadi pamandu kapal-kapal anu bolak balik di peuting poe. Menara iyeu diyakini
sebagai titk nol jalan Anyer (Banten)-Panarukan (Jawa Timur) anu dibangun ku
gubernur jendral Deandels, ti dieu awal mula Deandels, gubernur Hindia-Balanda
mulai proyek raksasa di taun 1825.
Deandels nyieun jalan ekonomi
Anyer-Panarukan nu panjangna sakitar 1000 km. proyek anu ngorbankeun ribuan
jiwa rakyat Indonesia iyeu ngahubungkeun Cilegon, Serang, Tangerang, Jakarta
(nu baheula nami na Sunda Kalapa, terus Batavia), Cirebon, Semarang, Surabaya,
sampe Pasuruan. Penduduk sapanjang proyek perjalanan tadi nyieun jalan tanpa
dibayar atawa kerja rodi. Jalan anu dibangun ti karinget sareng mayat bangsa
Indonesia iyeu dikenal sebagai jalan Deandels atawajalan rodi. Sayangna teu aya
monument atawa prasasti kanggo ngenang sejarah anu penuh getih. Konon, karna
gunung Krakatau meletus, mercusuar eta hancur lebur. Rarunuhan saremg pondasina
masih tiasa ditingali ti mercusuar. Jadi, mersucuar anu aya ayeuna merupakan
bangunan baru. Bangunan iyeu pun nyaris rata sareng taneuh akibat hanteman
meriam angkatan laut Jepang sakitar taun 1942. Meski teu sampe roboh, tapi
mercusuar iyeu sempet rusak parah. Bekas hanteman meriam iyeu tiasa ditingali
lamun naik ka luhur mercusuar eta, yaknu ayana lobang ageung anu ayena ntos
ditambal.
Ayeuna, mercusuar Anyer saakan tanggelam di tengah marakna sarana wisata modern, tarutama saentos tumbuhna resor-resor di sisi pantai. Padahal, mercusuar iyeu jadi saksi bisu kakejaman panjajahan Baalanda
Ayeuna, mercusuar Anyer saakan tanggelam di tengah marakna sarana wisata modern, tarutama saentos tumbuhna resor-resor di sisi pantai. Padahal, mercusuar iyeu jadi saksi bisu kakejaman panjajahan Baalanda
v
Nilai
pendidikan Bisa mengetahui sejarah, mengenang jasa-jasa bangsa Indonesia dan
merawat peninggalan-peninggalan sejarah.
v NilaiPandidikan Tiasa terang ka
sajarah, ngenangkeun jasa-jasa bangsa Indonesia sareng ngarawat paninggalan-paninggalan
sajarah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar