Visi Universitas SUltan Ageng Tirtayasa:
Terwujudnya universitas terbaik yang memiliki kemandirian, kreativitas,
inovasi, unggul, dan kompetitif dalam bidang pendidikan, penelitian, serta
pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam rangka pengabdian
kepada masyarakat.
Visi Operasional Rektor Untirta Periode 2015 2019
Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Periode 2015-2019 dalam
menjalankan fungsi dan misi Tri Dharma Perguruan Tinggi mengacu kepada Visi
Operasional yang terdiri dari:
Visi
|
:
|
Terwujudnya Universitas Sultan Ageng
Tirtayasa Maju, Bermutu, Berkarakter dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan
Tahun 2025.
|
Motto
|
:
|
Kerja keras dan cerdas yang dilandasi
keiklasan bernilai ibadah
|
Prinsip
|
:
|
Prestasi, komitmen, kebersamaan dan
tanggung jawab
|
Filosofi
Nilai
|
:
:
|
Memberikan layanan yang terbaik, amanah,
dan professional
Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius,
dan Akuntabel (JAWARA).
|
Berdasarkan
visi tersebut di atas dengan penjelasan sebagai berikut :
Maju :
Mengandung pengertian terwujudnya kondisi Untirta yang mengalami
pertumbuhan, peningkatan dan perubahan secara berkelanjutan dalam
penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada
masyarakat , daya dukung sumber daya dan manajemen serta kerjasama kemitraan.
Bermutu :
Mengandung pengertian tercapainya kualitas layanan yang memberikan kepuasan
kepada pelanggan, lulusan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang menguasai
Iptek (hard skill) dan , mampu berkolaborasi dan membangun jejaring
(networking) dan berkomunkasi atau soft skill menuju kemajuan
bangsa, peradaban dan kesejahteraan umat manusia.
Berdayasaing :
Mengandung pengertian terwujudnya suatu dorongan pada diri pendidik (dosen,
tenaga kependidikan dan lulusan untuk memenangkan suatu persaingan (kompetisi),
lebih berprestasi, memiliki keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif,
berupaya lebih baik dari yang lain, tahan menghadapi berbagai kondisi, hambatan
dan tantangan serta mampu beradaptasi dengan lingkungan.
Berkarakter :
Mengandung arti tercapainya tenaga pendidik dan kependidikan serta lulusan
universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang menguasai Iptek dengan menjunjung
tinggi Kejujuran, Amanah, Berwibawa, Adil, Religius dan Akuntabel (JAWARA).
Kebersamaan :
Dalam mewujudkan misi Untirta perlu terbangun komunikasi kerja di
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa lebih mengutamakan semangat gotong royong,
kolegial, saling pengertian, saling menghargai dan saling menghormati, sebagai
sebuah tim kerja yang menjunjung tinggi solidaritas dan soliditas. Hal ini
meniscayakan seluruh komponen Untirta mulai dari level teratas sampai dengan
level terbawah bersama-sama berkomitmen memberikan karya terbaiknya demi
mewujudkan pelayanan terbaik dan prima kepada pemangku kepentingan.
Untuk mencapai visi Untirta tersebut di atas dirumuskan misi sebagai
berikut:
MISI UNIVERSITAS SULTAN AGENG
TIRTAYASA
1)
Meningkatkan
kualitas, relevansi dan daya saing pendidikan
2)
Meningkatkan
kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang
inovatif berbasis kebutuhan nyata.
3)
Meningkatkan
daya dukung tatakelola perguruan tinggi yang baik (good university
governance)
TUJUAN UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
1)
Menghasilkan
lulusan yang berkualitas, terdidik, terlatih, berdaya saing dan berkarakter
sesuai kebutuhan stakesholders.
2)
Menghasilkan
penelitan dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif berbasis kebutuhan
nyata serta berorientasi pada pemanfaatan oleh dunia industri, pembangunan
daerah dan masyarakat.
3)
Menghasilkan
daya dukung tatakelola yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel dalam
mengembangkan tridharma perguruan tinggi.
Sasaran
Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, perlu ditetapkan sasaran sebagai
berikut:
1)
Meningkatnya
kualitas, kuantitas, relevansi dan daya saing lulusan;
2)
Meningkatnya
kualitas dan kuantitas Program Studi sesuai Kebutuhan Stakeholders;
3)
Meningkatnya
kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
4)
Tersedianya
daya dukung SDM sesuai Standar Kompetensi;
5)
Meningkatnya
daya dukung administrasi akademik dan nonakademik;
6)
Tersedianya
daya dukung sarana prasarana yang memadai;
7)
Meningkatnya
kerjasama kemitraaan strategis nasional dan internasional.
Strategi
1)
Penguatan
Kualitas Layanan Pendidikan dan Organisasi Kemahasiswaan
2)
Penguatan
Program Studi (akademik, vokasi dan profesi) memenuhi standar Mutu Pendidikan
Tinggi
3)
Penguatan
Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang inovatif berbasis kebutuhan
industri, pembangunan daerah dan masyarakat
4)
Penguatan
SDM dosen dan tenaga kependidikan sesuai kompetensi
5)
Penguatan
layanan administasi akademik dan nonakademik
6)
Penguatan
Sarana dan prasarana perguruan tinggi
7)
Penguatan
Kerjasama dan kemitraan
Program
1)
Peningkatan
kualitas dan kuantitas layanan pendidikan
2)
Peningkatan
kualitas dan kuantitas layanan organisasi kemahasiswaan dan kompetensi
mahasiswa.
3)
Pengembangan
program studi (akademik, vokasi dan profesi) yang memenuhi standar mutu
pendidikan tinggi
4)
Pengembangan
penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif berbasis kebutuhan
dunia industri, pembangunan daerah dan masyarakat
5)
Peningkatan
kualitas SDM dosen dan tenaga kependidikan
6)
Peningkatan
layanan adminsitrasi akademik dan nonakademik
7)
Peningkatan
Sarana dan prasarana pendidikan dan nonakademik
8)
Peningkatan
kerjasama dan kemitraan strategis nasional dan internasional
Kegiatan
1)
Peningkatan
mutu seleksi penerimaan mahasiswa baru
2)
Peningkatan
mutu sistem penyelenggaraan pembelajaran/perkuliahan
3)
Peningkatan
layanan kegiatan organisasi kemahasiswaan
4)
Pelaksanaan
program kreativitas mahasiswa
5)
Pemilihan
mahasiswa berprestasi
6)
Pengembangan
program studi baru secara selektif (akademik dan profesi)
7)
Pengembangan
program studi (akademik, vokasi dan profesi) sesuai standar nasional pendidikan
tinggi.
8)
Pengembangan
sistem tata kelola kelembagaan dan SDM
9)
Peningkatan
mutu penelitian penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif
10)
Rintisan
pengembangan hasil penelitian inovatif berorientasi komersial
11)
Fasilitasi
penerbitan artikel ilmiah pada jurnal internasional dan HAKI
12)
Pengembangan
kurikulum berbasis kompetensi beroritentasi KKNI
13)
Pengembangan
sistem penjaminan mutu internal
14)
Penyelenggaraan
program pengembangan mutu SDM dosen dan tenaga kependidikan
15)
Peningkatan
mutu sistem layanan akademik dan nonakademik
16)
Pengembangan
gedung layanan akademik dan layanan nonakademik\Pengembangan laboratorium dan
perpustakaan
17)
Peningkatan
kualitas dan kuantitas kerjasama serta kemitraan strategis dengan pemerintah
(pusat dan daerah), lembaga pendidikan, dunia usaha dan industri nasional dan
internasional.
Program Unggulan
1)
Pengembangan
Kampus Terpadu Sindangsari
2)
Peningkatan
status akreditasi program studi dan institusi
3)
Pengembangan
program pendidikan akademik, vokasi dan profesi
4)
Pengembangan
Jurnal terakreditasi
5)
Rintisan
hilirisasi hasil penelitian
6)
Pengembangan
laboratorium dan Perpustakaan
7)
Pengembangan
wilayah binaan
Program Prioritas
1)
Pembangunan
sarana layanan akademik Kampus Terpadu Sindang Sari melalui pendanaan APBN dan
hibah bantuan luar negeri
2)
Penyediaan
sarana laboratorium
3)
Pendirian
Program Studi Pendidikan Dokter, Perpustakaan dan Teknik Informatika
4)
Pendirian
program magister teknik, pendidikan dan pertanian
5)
Fasilitasi
Jurnal Terakreditasi, penulisan artikel ilmiah pada jurnal internasional dan
HaKI
6)
Peningkatan
mutu dosen dosen melalui studi lanjut dan pelatihan
7)
Pengembangan
rintisan perpustakaan Untirta berbasis IT.
8)
Peningkatan
mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif berbasis
kebutuhan lokal dalam rangka hilirisasi hasil penelitian untuk dimanfaatkan
oleh dunia usaha, industri dan masyarakat.
9)
Melakukan
kerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota menetapkan desa/kelurahan wilayah
binaan.
10)
Peningkatan
kesejahteraan dosen dan pegawai melalui program remunerasi
Faktor Kunci Keberhasilan
1)
Tersedianya
SDM dosen dan tenaga kependidikan yang berkualitas dan memiliki komitmen
tinggi.
2)
Tersedianya
kurikulum berbasis kompetensi yang berorientasi KKNI.
3)
Terbangunnya networking yang
baik dengan lembaga pendidikan/kementerian/pemerintah daerah, dunia usaha dan
industri.
4)
Tersedianya
Sarana dan Prasarana pembelajaran dan perkantoran yang memadai.
5)
Tersedianya
Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi.
6)
Terselenggaranya
pengelolaam sumber daya yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel.
7)
Terselenggaranya
kegiatan pendidikan sesuai dengan kurikulum dan pembelajaran inovatif.
PROGRAM PENDIDIKAN TINGGI
1.Pengertian Program Pendidikan Tinggi
Pendidikan tinggi dalam lingkungan
kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan Undang-Undang No. 12 Tahun
2012 Tentang Pendidikan Tinggi meliputi pendidikan akademik yang terdiri atas
Program Sarjana, Program Magister, dan Program Doktor. Pendidikan akademik
adalah pendidikan yang diarahkan terutama pada penguasaan ilmu pengetahuan,
teknologi, dan kesenian. Pendidikan Vokasi adalah program pendidikan diploma
yang diarahkan terutama pada kesiapan penerapan keahlian tertentu, sedangkan
pendidikan profesi adalah pendidikan tambahan setelah program sarjana untuk
memperoleh keahlian dan sebutan profesi dalam bidang tertentu.
2. Tujuan Pendidikan
Tujuan Program Sarjana
1) Menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang keahlian
tertentu sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara
penyelesaian masalah di dalam bidang keahliannya.
2) Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki sesuai
dengan bidang keahliannya dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada
masyarakat sesuai dengan etika keilmuan dan tata kehidupan bermasyarakat.
3) Memiliki moralitas yang tinggi dalam berkarya di bidang keahliannya dan
dalam berkehidupan bermasyarakat.
4) Mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di
bidang keahliannya
Tujuan Program Diploma
Program diploma atau program non gelar, diploma adalah bentuk dari program
pendidikan vokasi bertujuan agar para lulusan menguasai kemampuan dan
keterampilan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni tertentu,
mandiri dalam pelaksanaan maupun tanggung jawab pekerjaannya, serta mampu
melakukan pengawasan dan bimbingan atas dasar keterampilan manajerial yang
dimilikinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar