Sabtu, 24 Desember 2016

‘’Wisata Alam Curug Cigumawang’’


Banten merupakan kota yang memiliki berbagai macam  wisata alam. Salah satunya adalah Curug Cigumawang. Curug Cigumawang berada di Desa Kadu Bererum, Kecamatan Padarincang, Serang, Banten. air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter. Air dari curug ini berasal dari sumber mata air yang berada di Gunung Buntu. Jika anda menelusuri mata air ini maka akan terlihat sebuah batu yang sangat besar menutupi sumber air sehingga terbentuk sungai kecil yang mengalir melewati sebelah kanan curug tersebut. Selain itu, lokasi Curug Cigumuwang juga sering dijadikan tempat untuk berbagai kegiatan seperti outbond, camping, dan juga panjat tebing.
Lokasinya yang dipenuhi oleh berbagai jenis pepohanan hijau dan rindang menjadikan objek wisata Curug Cigumawang menjadi lokasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama wisatawan lokal, guna menikmati sensasi udara segar dan menyejukkan yang terdapat disekitar Objek Wisata Curug Cigumawang.
Objek Wisata Air Terjun Curug Cigumawang dapat ditempuh sekitar dua setengah jam perjalanan dari Balaraja-Tangerang jika menggunakan kendaraan roda dua. Bagi Anda yang ingin menggunakan angkutan umum, dapat menggunakan angkutan menuju Desa Kebon Jahe di Terminal Pakupatang Kota Serang, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan angkutan menuju desa Kadu Bereum, Padarincang.
Asal mula nama Curug Cigumawang berasal dari bahasa sunda yang artinya bawang. Hal ini dikarenakan pada tahun 70 an, penduduk setempat yang tinggal di dekat curug ini melihat debit air yang jatuh membentuk bawang, sehingga disebut Cigumawang. Beberapa mitos disana menyebutkan, jika sepasang kekasih datang ke Curug ini maka dipastikan akan menikah. Bukan itu saja, air Curug Cigumawang juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Demi mengejar sebuah hasrat mengekplorasi Kota Tangerang lebih dalam, perjalanan dua jam akan terbayar lunas dengan keindahan wisata alam ini.
Selain itu, objek wisata ini juga dapat direkomendasikan menjadi tempat perkemahan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen di wisata ini dalam sebuah potret. Setelah dirasa cukup, kami pun meninggalkan Curug Cigumawang yang cantik nan jelita itu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar