Senin, 26 Desember 2016

‘’Asal Mula Banten dan Kata Banten’’


Asal Kata Banten - KATA Banten ada yang menterjemahkan dari asal kata Katiban Inten, artinya kejatuhan intan. Catatan sejarah tersebut terdapat dalam buku Pakem Banten yang ditulis Tb.H.Achmad. Buku itu dicetak Drukkerij Oesaha Tahun 1935. Dalam buku lama itu tertera, “Betapa asal negeri dinamakan Banten, satoe kaol mentjeriterakan bahwa Banten itoe asal dari perkataan KATIBAN ITEN jang ertinya kedjatoehan intan. Oleh karena dari agama Boedha menjembah berhala, kemoedian kedatangan ilmoe Islam jang mengandoeng pengadjaran hidoep bersama di dalam oemoem, hoekoem fakih dan oesoeloedin. Sehingga seolah-olah kedjatoehan intan bidoeri yang terang tjoeatja tjahajanja. Kedjatoehan intan itoe, dalam bahasa Djawa KETIBAN INTEN jang kemoedian menjadi nama BANTEN”.
Tetapi dalam catatan lain terdapat pendapat yang berbeda. Katanya, pada zaman poebakala, ketika Sanghijang Batara Goeroe Djampang melanjutkan perjalanan dari arah timoer ke barat, sampai ke seboeah tempat jang dinamakan Soerasoan, Yaitoe nama dari seorang radja jang menamainja Soerasoan bahasa kawinja Soerasadji, soera ertinja berani, sadji ertinja berani, sadji ertinja radja bermaksoed seorang radja jang berani. Jang Batara Goeroe Djampang itoe, doedoek bertapa pada seboeah batoe jang gilang-goemilang tjahajanja batoe mana kemoedian dihadiahkan kepada Radja Soerasoan. Sedang negeri Soerasoan itoe, letaknja di lingkoengi air soengai jang djernih sekali, seolah-olah terkitari intan bidoeri sepoetarnja terkiaskan sebagai Ban di mana tjintjin jang ertinja sebagai negeri di Ban dengan intan kemoedian mendjadi nama Banten”.
Namun asal usul nama Banten itu dibantah sebagian ilmuwan yang mempelajari sejarah negeri ini. Menurut sebagian para ahli, nama Banten berasal dari Bantahan. Sebab masyarakat Banten dikenal sebagai masyarakat yang sering membantah perintah atau aturan yang telah ditetapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar